Mockup Desain poster

Mockup Desain poster
Produk Rosa Good Milk dan Dellimas Coffe

March 10, 2011

Jenis dan Fungsi Lampu dalam Desain Interor dan Arsitektur







Lampu pada hakikatnya untuk menerangi suasana yang ditangkap oleh indra penglihatan kita. Namun lampu dan pencahayaan seperti apa yang bisa diterapkan pada interior dan fasad bangunan?

Berikut adalah 4 Jenis lampu yang umumnya sering digunakan di Indonesia dan mancanegara.

  1. Lampu pijar   : Adalah lampu yang memiliki sumber cahaya yang di dapat dari flamen untuk meningkatkan intensitas cahaya dari 2 - 200 volt. Cahaya lampu pijar biasanya berwarna kuning atau orange. Lampu ini bisa digunakan untuk pencahayaan fasad rumah, taman, lampu duduk, lampu dinding, dll. Lampu pijar dapat lebih banyak memakan kapasitas listrik dan cahayanya tidak se terang lampu lampu yang lain, namun harganya cukup murah untuk dibeli
  2. Lampu pendar (TL= Tabular lamp / lampu neon )  : Adalah Lampu yang memiliki sumber cahaya yang di dapat dari gas, logam, dan penghantar listrik.Cahaya berwarna putih dan terang. Lampu ini biasa digunakan untuk aktifitas penting pada malam hari. Biaya listrik saat menggunakan lampu ini lebih irit 1/3 dari biaya lampu pijar.Lampu pendar dilengkapi dengan starter untuk penyeimbang daya. Starter ini dapat rusak lebih cepat dikarenakan rawan terhadap tegangan.Lampu ini dapat digunakan sebagai pencahayaan fasad gedung dan warnanya bisa diganti ganti dengan melapisi enamel warna atau mika warna. Lampu ini juga efektif digunakan dalam interior yaitu selain biaya listrik murah, cahayanya juga terang.
  3. Lampu LED : Adalah lampu perancangan modern dengan bahan utama listrik untuk sumber cahaya utama yang diolah dalam sebuah chip pembawa muatan. Cahaya ini berpendar ke segala arah dan tidak terlalu silau. Listrik yang biayanya hampir sama dengan lampu TL. Lampu ini bisa digunakan dalam lorong ruang dan pencahayaan interior modern high tech.
  4. Lampu laser : Lampu ini menggunakan radiasi elektro magnet dan listrik. penggunaan listrik tidak terlalu banyak dan stabil. Sinar yang ditimbulkan terpancar lurus dan panjang. Lampu ini dapat digunakan pada suatu acara besar seperti event music, kegiatan party, disco, dll




    1 comment: